Wednesday, 9 January 2019

Pulkam Bandung Padangsidimpuan via lintas timur dan tengah

Ini adalah Pulkam pertama kita dari Bandung menuju Padangsidimpuan Sumatera Utara menggunakan mobil pribadi dan tanpa sopir cadangan alias solo driver.

Rute yang kita pilih adalah kombinasi lintas timur dan lintas tengah, kota kota yang akan di lalui dimulai dari Bandung - Merak - Bakauheni - Menggala - Palembang - Jambi - Muara Bulian - Muara Tebo - Muara Bungo - Padang - Muara Si Junjung - Batu Sangkar - Payakumbuh - Bukit Tinggi - Padangsidimpuan.

Berangkat dari Bandung Sabtu 22 Desember 2018 sekitar jam 20.00 dengan Odometer di angka 76847, seperti yang terlihat di Google map jarak yang kita tempuh adalah sekitar 1900km selama 3 hari 2 malam.

Agak antri di Penyebrangan Merak dikarenakan banyaknya pemudik yang akan berahir tahun di kampung halamannya, dan sekitar jam 01.00 kapal pun lepas landas menuju Bakauheni.

Jam 4 pagi kami sdh mengisi bensin di Pom Bensin sebelum ambil kanan menuju Palembang via Lintas timur yang akan melewati Maringgai - Sukadana - Menggala - Tulang Bawang - Mesuji - Palembang

Setelah melalu perjalanan yang cukup melelahkan sekitar Jam 20.00 kami sudah emasuki Gerbang Tol Palembang dan istirahat di rumah saudara.

Sesuai rencana jam 04.00 bangun pagi dan jam 05.00 kami sudah harus melanjutkan perjalanan menuju ke Jambi, menurut informasi di daerah Pelalawan riu ada banjir yang tidak bisa di lalui kendaraan, kemungkinan kami akan belok kiri via Tempino - Muara Bulian - Muara Tebo - Muara Bungo.

Dan siang harinya, tepatnya Senin 24 Desember 18 jam 13.00 kami tiba di pintu masuk Kota Jambi, kami putuskan lewat Padang saja untuk menghindari banjir di daerah Pelalawan Riau.

Setalah makan siang perjalanan di lanjutkan, jalanan dari Muara Bulian ke Muara Bungo cukup bagus cuma agak gelap karena harus melewati hutan dan perkebunan, dan malam ini kami putuskan untuk istirahat, tidur di mobil di salah satu Pom Bensin daerah Muara Bungo

Jam 04.00 pagi Selasa 25 Desember perjalanan dilanjutkan lagi menerjang kabut pagi yang cukup tebal. Jam 12.01 kami mampir sebentar di Istana Baso Pagaruyung

Setelah istirahat dan makan siang di rumah makan depan Istana Baso Pagaruyung perjalanan kami lanjutkan menuju Lembah harau dan Kelok 9 di Payakumbuh.

Malamnya kami putuskan menginap di Hotel Mangkuto di Kota Payakumbuh, tadinya mau menginap di Bukit Tinggi tapi takut ngga kebagian kamar, iseng-iseng nanya kamar di Hotel Mangkuto yang posisinya berada di jalan lintas kelok sembilan-bukit tinggi. Kebetulan ada kamar kosong dan jadilah kami menginap disini malam ini.

Lanjut 26 Desember jam 13.00 kami sudah makan siang di Pical Ayang yang menjadi langganan kami setiap Pulang ke Padangsidimpuan, Lontong padang, bubur kampiun, Pical dan lupis menjadi panganan wajib kami disini.

Perjalanan di lanjutkan menuju Padangsidimpuan melewat jalan berkelok, menanjak dan menurun yang lumayan mengocok isi perut. Asyiknya rata-rat jalan di Sumbar ini 90 % mulus, lebih mantap di bandingkan daerah lain yang kami lewati.

Dan akhirnya jam 22.30 kami pun tiba di Kota Padangsidimpuan setelah menempuh perjalanan sekitar 2.022 km.

-------------------------------------------- oOo ----------------------------------------------

Itinerary Bandung - Padangsidimpuan :
  • Sabtu 22 Des : 20.00 Start dari Bandung menuju bakauheni
  • Minggu 23 Des : 05.00 menuju Palembang via Lintas Timur (Maringgai - Sukadana - Menggala - Tulang Bawang - Mesuji) nginap di rumah saudara.
  • Senen 24 Des : 05.00 menuju Jambi (Tempino - Muara Bulian - Muara Tebo - Muara Bungo)  nginap di Pom Bensin Muara Bungo.
  • Selasa 25 Des : 05.00 menuju Padang dan explore Payakumbuh (Istana Baso Pagaruyung Lembah Harau & Kelok 9 ) nginap di Hotel Mangkuto Payakumbuh.
  • Rabu 26 Des Tiba di Padangsidimpuan
Lumayan lama juga ya, padahal targetnya hanya 2 malam 3 hari, hehehe ... tapi cukup puas karena bisa mampir di beberapa kota dan objek wisatanya. Yang penting aman dan selamat ya, apalagi nyupir sendirian, lebih baik jalan siang dan malam hari berhenti untuk istirahat.

Jalan-jalan makin asyik dengan pota-poto

This Is The Newest Post

Monggo di komentari .... salam jepret ....