Sunday, 1 January 2017

Tempat Wisata di Dieng Plateau

Yang pertama kita lakukan saat tiba di kawasan wisata Dieng Plateau tentunya memastikan tempat kita menginap untuk beristirahat. Beruntung bagi yang sudah pesan jauh hari, sedikit melelahkan bagi yang masih mencari-cari. Setelah dapat, lanjut rencanakan mengunjungi beberapa objek wisata yang cukup terkenal di kota diatas awan ini.

Objek wisata dieng plateau

Karena kami tiba sore hari dan muter-muter cari penginapan, jadilah kami hanya istirahat sebentar, malamnya baru jalan kaki ke arah komplek Candi Arjuna untuk mencari makan malam. Sasarannya adalah mie ongklok sate dan minuman purwaceng untuk menghangatkan badan.

Mie Ongklok Sate jajanan khas Dieng Banjarnegara

Tak lupa mencicipi jajana khas Dieng Banjarnegara yang terbuat dari buah-buahan sejenis pepaya yaitu asinan Carica.

Tempat jajan ini bisa kita temukan di pertigaan arah ke Candi Arjuna, tidak usah kuatir dengar harganya karena sudah tertulis jelas di nota pesanannya, dan harganya juga terjangkaulah, standar.

Setelah nongkrong dan perut kenyang, saatnya kembali ke hotel menikmati kasur empuk dan hangatnya selimut untuk  melawan hawa dingin.

Penginapan aman dan nyaman di Dieng Plateau

Rencananya besok pagi buta jam 04.00 kita akan gotong si jagoan menuju ke Gardu Pandang Dieng di ketinggian 1789 mdpl, untuk mengabadikan Sun Rise dari balik gunung Sindoro. Setelah itu kita akan ke Kawah Sikidang, Wisata alam Batu Pandang Ratapan Angin, Candi Arjuna.

menikmati Sunrise di Dieng

Ternyata brangkat ke Gardu Pandang Dieng jam 04.00 kepagian, masih gelap dan blm ada orang, yang ada hanya penjaga warung. Jam segitu cocoknya buat yang mendaki ke Bukit Sikunir, kita sih ngga kuat sampai kesana karena bawa balita. Sambil nunggu kitapun pesan purwaceng dulu untuk menghangatkan badan.

melihat sunrise dari Gardu Pandang Dieng

Puas berselfie ria dari sini kita lanjut ke Kawah sikidang jangan lupa untuk berfoto dulu di gerbang masuk kota Dieng, yang menjadi lokasi paporit para wisatawan.

Gerbang kota Dieng

Saat tiba di kawasan kita akan di tawari masker penutup hidung seharga 2000 rupiah, pada akhirnya sih ngga kepake dan saya perhatikan hampir semua orang tidak mengunakannya. Kita sih tetap beli karena blm tau seberapa dasyat kawah Sikidang ini.

Kawah SIkidang Dieng Plateau

Kawah Sikidang Dieng Banjarnegara

Disini kita bisa nyoba beberapa jajanan khas Dieng seperti kentang goreng, jamur goreng, tempe mendoan, Carica dsb. Atau mencicipi telor yang di rebus di dalam kawah mendidih juga asyik untuk di coba.

Cukup. Perjalanan kita lanjutkan ke Batu Pandang Ratapan angin ... baca disini aja

Jalan-jalan makin asyik dengan pota-poto

Monggo di komentari .... salam jepret ....